BAB I
ABSTRAK
Saya membuat Karya Ilmiah peluang bisnis Butik ini karena di era modern ini hampir semua kalangan yang memperhatikan gaya busananya. Karena berpenampilan itu sangat penting untuk diperhatikan, dengan begitu saya menjadikan peluang bisnis ini untuk dibuat Karya Ilmiah Lingkungan Bsinis ini. Semoga Karya Ilmiah peluang bisnis ini dapat saya jadikan motivasi untuk membuka peluang bisnis nantinya
BAB II
PEMBAHASAN
Jenis usaha butik sudah banyak sekali di
pasaran tetapi tidak sedikit juga yang kurang berhasil. Dalam mendirikan suatu
usaha itu diperlukan suatu perencanaan, pengorganisasian, pemimpinan, dan
pengawasan. Seperti merencanakan lokasi usaha yang akan digunakan, target
pemasaran, barang yang dipasarkan, bagaimana pemasarannya dan masih banyak lagi
yang butuh di rinci.
1.
A. PERENCANAAN
1.
I. PRODUK
YANG DIPASARKAN
Kali ini saya membahas peluang usaha
sebuah Butik fashion wanita, tentu saja produk yang akan diperjual
belikan seperti pakaian wanita, tas, sepatu, dan aksesoris. Disini kami menjual
barang jadi. Menyediakan pakaian dengan berbagai model dan ukuran, dengan
begitu akan menarik pelanggan. Produk pakaian jadi sangat banyak sekali
competitor-nya, konsumen memilih pakaian jadi dilihat dari tren, brand, harga,
dan kualitasnya. Sebagai pemilik usaha penjual pakaian jadi harus up to
datemengikuti tren mode pakaian pada saat itu. Jika tidak
mengikuti tren mode pada saat itu maka akan sulit menarik konsumen. Sumber
barang juga harus continue supaya ketika stok barang habis
tidak kebingungan mencari barang lagi.
- SEGMEN PASAR YANG DITUJU
Jika dilihat dari kebutuhan
masyarakat kini, fashion sudah bukan jadi kebutuhan lagi tetapi sudah menjadi
tren mode sesuai perkembangan zaman masa kini. Peminat fashion tidak melihat
dari segi usia, tetapi disini akan dibahas target dari bisnis Butik ini. Kami
menargetkan untuk konsumen adalah pelajar, mahasiswa, dan anak muda.
1. III. LOKASI
Lokasi suatu usaha itu sangat penting
diperhatikan. Lokasi penempatan untuk berbisnis harus strategis. Disini kami
mengambil lokasi di pinggir jalan utama di dekat kampus dan sekitar lingkungan
kos.
1. IV. IKLAN
Iklan juga sangat berperan penting
untuk menarik pelanggan, jika tidak ada iklan maka para konsumen tidak akan
mengenal usaha kita. Dalam melakukan iklan cukup yang praktis tetapi efektif dan
efisien. Iklan bisa menggunakan media online, poster, surat kabar atau majalah,
atau dengan mengikuti bazar.
I. STRATEGI
Strategi beriklan dan penjualan
penting untuk diperhatikan. Dalam strategi beriklan, contohnya buat iklan
melalui media apapun semenarik mungkin untuk menarik pelanggan. Strategi yang
lainnya seperti strategi penjualan, misalnya buat program-program untuk
memasarkan produk, seperti program mingguan, bulanan, dan tahunan.
II. HAMBATAN
Dalam usaha butuik terdapat beberapa
masalah yang dapat menghambat kesuksesan usaha antara lain dengan perkembangan
fashion yang sangat cepat berganti maka kitapun juga harus memperbarui stok
barang sesuai dengan fashion yang sedang berkembang, selain itu karena
banyaknya orang yang mendirikan butik sehingga banyak butik-butik yang menjamur
karena tidak ada pelanggan, selain itu biasanya harga pakaian di butik relatif
lebih mahal sehingga banyak orang memilih belanja di mall-mall yang ada
BAB III
DAFTAR PUSTAKA
http://muhamadyusron.wordpress.com/2011/02/04/memulai-usaha-butik/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar