Mata Kuliah Lingkungan Bisnis
Disusun Oleh :
Nama : Eunike Christina Larasati
NPM : 14.02.8788
Kelas : D3-MI-02
STMIK AMIKOM YOGYAKARTA
Tahun 2014/2015
BAB 1
ABSTRAK
Seiring dengan kemajuan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan
teknologi mengakibatkan permasalahan di berbagai bidang. Namun, melalui
perkembangan ilmu pengetahuan dan Teknologi juga mempengaruhi berbagai aspek
bisnis. Dengan melihat dan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan
teknologi ini, Kita juga bisa membentuk suatu pola pengembangan terkait dengan
peluang bisnis. Saat ini di Indonesia banyak jenis bisnis yang memiliki potensi
dan peluang yang sangat besar untuk maju, itu dikarenakan terjadinya
pembentukan pola pengembangan bisnis yang selalu mengikuti perkembangan ilmu
pengetahuan dan Teknologi.
BAB II
ISI
Pembahasan
Bisnis dalam arti luas adalah istilah umum yang
menggambarkan semua aktifitas dan institusiyang memproduksi barang & jasa
dalam kehidupan sehari- hari dan merupakan suatu ruanglingkup yang dimana
dalam penempatannya selalu memiliki lingkup kesibukan untuk mengerjakan
aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan. Dimana dalam bisnis harus
memiliki konsep yang matang, agar bisnis yang dijalankannya bisa bertahan dan
terus berkembang. Peluang bisnis yang telah dibuka harus didasari oloeh
kemampuan baik dalam memanagemen bisnis, dan juga melihat situasi lapangan atau
dunia luar.
A. Tujuan Bisnis
Tujuan bisnis merupakan hasil akhir yang ingin dicapai
oleh para pelaku bisnis dari bisnis yang mereka lakukan dan merupakan cerminan
dari berbagai hasil yang diharapkan bias dilakukan oleh bagian-bagian
organisasi perusahaan (produksi, pemasaran, personalia, dll) yang akan
menentukan kinerja perusahaan dalam jangka panjang. Secara umum tujuan dari
bisnis adalah menyediakan produk berupa barang atau jasa untuk memenuhi
kebutuhan konsumen serta memperoleh keuntungan dari aktivitas yang dilakukan.
Dalam jangka panjang, tujuan yang ingin dicapai tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan konsumen, namun terdapat banyak hal yang ingin dicapai oleh perusahaan dalam bisnisnya, diantaranya:
Dalam jangka panjang, tujuan yang ingin dicapai tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan konsumen, namun terdapat banyak hal yang ingin dicapai oleh perusahaan dalam bisnisnya, diantaranya:
1. Market standing, yaitu penguasan pasar yang akan
menjadi jaminan bagi perusahaan untuk memperoleh pendapatan penjualan dan
profit dalam jangka panjang.
2. Innovation yaitu inovasi dalam produk (barang atau jasa) serta inovasi keahlian. Tujuan bisnis yang ingin dicapai melalui inovasi adalah menciptakan nilai tamabah pada suatu produk, misalnya shampoo 2 in 1.
3. Physical and financial resources, perusahaan memiliki tujuan penguasaan terhadap sumber daya
4. fisik dan keuangan untuk mengembangkan perusahaan menjadi semakin besar dan Semakin menguntungkan.
5. Manager performance and development, manager merupakan orang yang secara operasional bertanggung jawab terhadap pencapaian tujuan organisasi. Untuk dapat mengelola perusahaan dengan baik, manager perlu memiliki berbagai kemampuan dan keahlian yang sesuai dengan profesinya. Maka diperlukan peningkatan kinerja dan pengembangan kemampuan manager melalui serangkaian kegiatan kompensasi yang menarik dan
6. program training and development yang berkelanjutan. Worker Performance and Attitude, untuk kepentingan jangka panjang, maka sikap para karyawan terhadap perusahaan dan pekerjaan perlu diperhatikan agar dapat bekerja dengan baik.
7. Public Responsibility, bisnis harus memiliki tanggung jawab sosial seperti memajukan kesejahteraan masyarakat, mencegah terjadinya polusi dan menciptakan lapangan kerja, dll.
2. Innovation yaitu inovasi dalam produk (barang atau jasa) serta inovasi keahlian. Tujuan bisnis yang ingin dicapai melalui inovasi adalah menciptakan nilai tamabah pada suatu produk, misalnya shampoo 2 in 1.
3. Physical and financial resources, perusahaan memiliki tujuan penguasaan terhadap sumber daya
4. fisik dan keuangan untuk mengembangkan perusahaan menjadi semakin besar dan Semakin menguntungkan.
5. Manager performance and development, manager merupakan orang yang secara operasional bertanggung jawab terhadap pencapaian tujuan organisasi. Untuk dapat mengelola perusahaan dengan baik, manager perlu memiliki berbagai kemampuan dan keahlian yang sesuai dengan profesinya. Maka diperlukan peningkatan kinerja dan pengembangan kemampuan manager melalui serangkaian kegiatan kompensasi yang menarik dan
6. program training and development yang berkelanjutan. Worker Performance and Attitude, untuk kepentingan jangka panjang, maka sikap para karyawan terhadap perusahaan dan pekerjaan perlu diperhatikan agar dapat bekerja dengan baik.
7. Public Responsibility, bisnis harus memiliki tanggung jawab sosial seperti memajukan kesejahteraan masyarakat, mencegah terjadinya polusi dan menciptakan lapangan kerja, dll.
B. Aspek – aspek Bisnis
Dalam pelaksanaannya Bisnis memiliki beberapa aspek sebagai berikut :
Dalam pelaksanaannya Bisnis memiliki beberapa aspek sebagai berikut :
1. Kegiatan individu dan kelompok Dimana dalam
pembemtukan suatu bisnis dibagi menjadi 2 pilihan, yakni bisnis perorangan atau
bisnis perkelompok.
3.Penciptaan barang dan jasa Dalam bisnis pasti yang
dibicaran adalah barang dan jasa yang diberikan atau dijual, sehingga harus ada
data yang jelas tentang barang dan jasa yang dihasilkan.
4.Keuntungan melalui
transaksi Saat melakukan transaksi harus merasa senyaman mungkin baik dari
pelayanan yang ditawarkan dan juga kesepakatan harga, dan kesepakata-
kesepakatan lainnya.
C. Fungsi Bisnis
Fungsi bisnis dilihat dari kepentingan mikroekonomi
dan makroekonomi:
1. Fungsi Mikro Bisnis Kontribusi terhadap pihak yang
berperan langsung
a. Pekerja / Karyawan Pekerja menginginkan gaji yang
layak dari hasil kerjanya sementara manajer menginginkan kinerja yang tinggi
yang ditunjukkan besarnya omzet penjualan dan laba.
b. Dewan Komisaris Memantau kegiatan dan mengawasi
manajemen, memastikan kegiatan akan berjalan mencapai tujuan .
c. Pemegang Saham Pemegang saham memiliki kepentingan
dan tanggung jawab tertentu terhadap perusahaan
2. Fungsi Makro Bisnis Kontribusi terhadap pihak yang
terlibat secara tidak langsung:
a. Masyarakat sekitar perusahaan Memberikan kontribusi
kepada masyarakat sekitar sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan
b. Bangsa dan Negara Tanggung jawab kepada bangsa dan
negara yang diwujudkan dalam bentuk kewajiban membayar pajak
D. Elemen Bisnis
a. Modal (capital) Sejumlah uang yang digunakan dalam
menjalankan kegiatan bisnis
b. Bahan-bahan (materials) Merupakan faktor produksi
yang diperlukan dalam melaksanakan aktifitas bisnis untuk diolah menghasilkan
barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat.
c. Sumber Daya Manusia (SDM) Kualifikasi SDM :
Memiliki kemampuan kompetitif dan berkualitas tinggi.
d. Ketrampilan Manajemen (Management Skill) Sistem
manajemen yang dijalankan berdasarkan prosedur dan tata kerja manajemen.
BAB III
A. KESIMPULAN
Berdasarkan uraian dan pemaparan
tentang peluang bisnis maka bisa diambil kesimpulan :
1. Dalam membuat suatu bisnis harus memiliki konsep
dasar yang jelas
2. Harus memiliki SDM yang kompetitif dan berkualitas
tinggi
3. Bisnis yang kita bangun harus disesuaikan dengan
kebutuhan masyarakat atau konsumen.
B. SARAN
Bertolak dari
elemen bisnis dipaparkan bahwa elemen bisnis yang paling utama adalah modal,
namun dalam hal ini penulis memberi saran bahwa modal yang kita butuhkan akan
menjadi nomor keseratus jika ada impian dan tekat yang bulat. Seperti halnya
Prof. Dr. M. Suyanto, M. M. yang sukses memulai bisnis tanpa uang.
C. DAFTAR PUSTAKA
M. Suyanto. 2005. smart in enterpreneur: 11 Rahasia
Memulai Bisbis tanpa Uang, pen erbitANDI, yogyakarta. M. Suyanto. 2004. smart
in enterpreneur:
Belajar dari Kesuksesan Pengusaha Top Dunia, penerbit
ANDI, yogyakarta http://www.cintapendidikan.co.cc/2010/11/contoh-makalah-pendidikan.html
http://www.scribd.com/doc/36348926/tujuan-bisnis
Tidak ada komentar:
Posting Komentar